Senin, 24 November 2014

Karimunjawa

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.
 Pulau Gosong? Namanya cukup unik dan mungkin masih asing di telinga Anda. Tapi, nama tersebut tak lantas mencerminkan seisi pulaunya. Justru, pulau ini penuh dengan pasir putih yang belakangan menjadi primadona baru di Karimunjawa.

Pulau Gosong berada di sebelah timur Pulau Karimunjawa. Daerah ini tidak terlihat seperti pulau pada umumnya. Pulau seluas kurang lebih 5x8 meter ini hanya memiliki pasir putih dan tidak terdapat pohon atau tumbuhan lainnya.

Pulau ini hanya tampak ketika air laut sedang surut dan tenggelam ketika air laut sedang pasang. Untuk ke pulau ini kapal harus menambat tali kebatu karang ditengah laut. Berada di sekitar pulau
ini Anda harus berhati-hati karena terdapat ikan batu (ripo) yang cukup berbahaya dan disarankan menggunakan alas kaki menuju pulau tersebut. Seperti dilansir dari berbagai sumber.
         











Pulau Tengah merupakan pulau yang wajib di kunjungi apabila kita wisata ke Karimunjawa. Pulaunya sangat indah dan sudah memiliki fasilitas yang lengkap (dermaga, wc dan lain-lain) dibandingkan dengan pulau-pulau di kepulauan Karimunjawa lainnya. Pulau ini sangat cocok sekali buat wisata keluarga dan juga bisa untuk belajar snorkling karena terdapat 2 buah spot snorkling didekat pulau ini.
Keadaan lautnya yang sejuk karena banyak pepohonan dan cottage menjadikan para wisatawan senang sekali berendam dan bermain pasir di pantainya. Pulau ini dimiliki oleh PT. Raja Besi dan ditempati oleh 2 orang suami istri sebagai penjaga dan perawat pulau. Luasnya sekitar 4 hektar dengan pantai berpasir putih dan sedikit ketengah merupakan karang berpasir. Bagi yang suka snorkling ada spot terumbu karang di depan dan di belakang pulau, keadaan geografis dasar spot terumbu karang landai dengan arus sedikit besar didasar lautnya. Apabila ingin berfoto dengan nemo, di sini merupakan tempat yang sangat cocok sekali karena banyak terdapat nemo dan ikan2 kecil di daerah spot snorkling dekat Pulau Tengah. Di pulau ini juga terdapat penangkaran hiu tapi masih dalam proses pengembangan. Keadaan daratan Pulau Tengah datar dengan mayoritas ditumbuhin pohon kelapa. Di pulau ini sudah dibangun dermaga kecil dari kayu sehingga kapal-kapal kecil/kapal nelayan bisa bersandar di pulau ini.

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar